Tentang Metaphora

Biro konsultan arsitektur Metaphora berdiri pertama kali pada tahun 2006 dengan nama PT Arena Metaphora. Karena peraturan pemerintah tentang nama perusahaan yang harus terdiri dari tiga suku kata, maka pada tahun 2009, dibuat legalitas baru dengan nama PT Metaphora Solusi Global.

Sejak awal berdiri, perusahaan fokus pada bidang jasa layanan konsultan arsitektur.
Layanan kami mulai dari studi kelayakan, konsep perancangan arsitektur dalam arti luas, sampai dengan penyiapan dokumen pelaksanaan kontruksi. Dengan demikian, kami mengerjakan proposal, gagasan perkotaan, provokasi ide, sampai dengan membantu klien kami mewujudkan mimpi mereka dalam bidang arsitektural.

 

TENTANG NAMA METAPHORA

metaphor
metafora
(from greek: metapherein, to transfer)

 

a figure of speech in which an expression is used to refer to something

that it does not literally denote in order to suggest a similarity

 

Metafora lebih dikenal dalam ilmu bahasa, khususnya sastra. Teknik metafora banyak digunakan dalam puisi untuk menggambarkan keadaan yang sulit dilukiskan dengan kata-kata. Metafora menggambarkan obyek atau konsep dengan menggunakan kiasan. Itu berarti suatu kosakata atau susunan kata yang pada mulanya digunakan untuk makna tertentu (secara literal atau harfiah) dialihkan kepada makna lain.

Dalam disiplin ilmu Alquran pengalihan arti itu disebut ta’wil, atau oleh ulama-ulama sesudah abad ke-3 H, diartikan sebagai ‘mengalihkan arti suatu kata atau kalimat dari makna asalnya yang hakiki ke makna lain berdasarkan indikator-indikator atau argumentasi-argumentasi yang menyertainya’. Semua bahasa di dunia mengenal kata atau ungkapan yang bersifat metaforis. Maka tidak heran apabila Allah dalam Alquran juga menggunakan metafora pada banyak ayat.

Arsitektur sangat dekat dengan seni, karena di dalamnya berdialog berbagai rasa, indera, dan persepsi tentang keindahan. Disebutkan bahwa “architecture is more than just buildings in brick and wood. It is an expression of feeling, of purpose and of culture”. Karena kedekatannya dengan seni dan keindahan ini Johan Wolfgang von Gothe menyebut “architecture is a frozen music”, bahkan Frank Lyod Wright lebih lagi dengan menyebut “the mother art is architecture”.

Pada dasarnya arsitektur pun juga puisi.

Puisi yang membeku.

Apabila puisi termanifestasi dalam kata-kata, arsitektur mengungkapkan dirinya dalam bentuk bangunan.

metaphora dalam arsitektur adalah keniscayaan

Dalam perjalalan sejarah umat manusia, arsitektur selalu menjadi metafora bagi suatu peradaban. Arsitektur klasik merupakan metafora bagi “of the first class” dengan merujuk arsitektur Yunani dan Romawi.

Arsitektur Renaisance merupakan terjemahan pesan dari jaman pencerahan. Demikian seterusnya. Bahkan arsitektur modern (modern movement) yang menolak adanya “style” dan simbul-simbul, pada akhirnya juga dapat dilihat sebagai metafora dari dua kata “modernity” dan “functionalism”. Oleh karena itu Mies Van de Rohe pernah berkata “architecture is the will of an epoch translated into space”.

To transfer!

More attractive metaphors create more popular buildings. Lihat Chapel Ronchamp karya Le Corbusier, orang melihatnya sebagai metafora dari tangan, topi, a crab, dan banyak lagi. Lihat Sydney Opera karya Utzon, orang melihatnya sebagai metafora bunga, kerang, perahu, dan sebagainya. Bentuk lengkung merupakan manifestasi dari sifat alam, natural. Bentuk persegi merupakan terjemahan dari rasionalitas dan kemauan manusia.

Begitulah!

Selalu bermetafora.

metafora sebagai nama studio

 Metafora!

To transfer!

Memindahkan ide-ide dari dunia angan ke atas kertas. Memindahkan konsep dan gagasan dari atas kertas ke dunia nyata. To transfer!

Dalam arsitektur, ide dan konsep harus diterjemahkan. Tidak dapat berkata-kata sendiri. Tidak bisa mengunakan makna harfiahnya. Harus metafora. Harus ditransfer menjadi matra.

Menjadi bentuk.

Menjadi ruang.

Menjadi arsitektur!

To tranfer!

Keindahan tidak dapat mempertontonkan sebagai dirinya sendiri. Karena dia konsep, eksis di dunia ide. Harus ditranfer dalam dunia nyata, sehingga keindahah itu dapat dinikmati, dirasakan, dijilati pancaindera.

Kemegahan adalah konsep, harus diterjemahkan dalam bentuk dan ruang. Ditransfer. Juga kenyamanan, keluasan, mencekam, herois, monumental, kehangatan, keramahan.

metafora!